Kamis, 17 Oktober 2013

Artikel Desain Grafis



Desain Grafis


Bismillah...
            Pada zaman yang serba canggih ini teknologi seperti tidak bisa di pisahkan dari sendi-sendi kehidupan manusia. Dikarenakan teknologi telah dianggap mampu mempermudah, mempercepat dan mengefisienkan pekerjaan manusia. Salah satunya adalah desain grafis / komunikasi visual atau nama kerennya sih design graphic.
Dalam lingkungan sehari-hari kita dapat dengan mudah menemukan hal-hal hasil penerapan dari desain grafis. Tanpa kita sadari kita telah menjadi konsumen desain grafis, syukur-syukur kalo udah sadar hehehe..
            Desain grafis sendiri artinya Desain : merancang / rancangan, Grafis : suatu titik / garis yang berhubungan dengan cetak mencetak. Jadi secara gamblangnya desain grafis adalah merancang secara bebas sesuai palihan, daya cipta dan aturan perancang (desainer) untuk membuat suatu titik / garis yang saling di hubungkan dalam satu kesatuan yang utuh menjadi sebuah gambar sebagai alat komunikasi visual agar pesan dapat seefektif mungkin tersampaikan.
Perlu di ingat, dalam desain grafis tulisan juga merupakan gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa di bunyikan.
Untuk para desainer grafis pemula nampaknya harus terlebih dahulu mempalajari teknik dasar yang perlu di kuasai seperti mempelajari cara penggunaan software desain grafis yang akan digunakan agar saat menggunakannya tidak canggung lagi.

Sebagai pengetahuan tambahan berikut kategori desain grafis

Secara umum, desain grafis dibedakan menjadi beberapa kategori, antara lain
sebagai berikut.
1) Printing (percetakan); memuat desain buku, majalah, poster, booklet, leaflet, flyer,
pamflet, periklanan, dan publikasi lain yang sejenis.
2) Web desain; memuat desain untuk halaman web.
3) Identifikasi (logo), EGD (Environmental Graphic Design); memuat desain
profesional yang mencakup desain grafis, desain arsitek, desain industri, dan arsitek
taman.
4) Desain produk, pemaketan dan sejenisnya.
5) Film (perfilman); memuat desain film seperti CD, DVD, dan CD multimedia untuk
promosi.

 Aplikasi (software) desain grafis contohnya, antara lain : Adobe Photoshop, Adobe Pagemaker (pengolah tata letak) ; Corel Draw (ilustrator program garis / vektor) ; microsoft photo editor (pengolah gambar) ; Adobe After Effect (pengolah film).

Contoh desain grafis dalam kehidupan sehari-hari adalah : brosur, pamplet, poster, film, CD, dll
Dengan segala kemudahan ini seharusnya kita dapat memanfaatkannya semaksimal mungkin dan jangan sampai di salah gunakan. Ini juga merupakan salah satu bentuk rasa syukur kita terhadap teknologi yang ada.

Semoga Bermanfaat...
May Allah Always Blessing us :)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar