Selasa, 08 September 2015

Berdamailah dengan Masa Lalu

Setiap orang pasti punya masa lalu kok, yang pasti dengan skenario berbeda-beda. Baik yang menyenangkan ataupun yang menyedihkan, hal membuat trauma, sesuatu yang membuat tersenyum ketika dikenang ataupun menangis tersedu, semuanya tetaplah bernama masa lalu.
Ketika sesuatu yang baik mungkin tak masalah bagi kita. Lantas bagaimana jika masa lalu tersebut kita anggap tak baik, bahkan rasanya ingin sekali mengulang masa itu dan memerbaikinya, apalagi dapat menghapusnya tentu lebih baik.
Eits, tapi seperti yang kita tahu bahwasannya waktu tak dapat ditarik mundur. Waktu adalah dimensi unik dalam kehidupan. Bijak pada masa lalu merupakan pilihan yang baik. Tak ada perjalanan hidup yang sempurna, Kawan. Kesempurnaan hanya milik Allah SWT, pencipta semesta Alam.
Kekhilafan mungkin pernah menghampiri kita sebagai insan biasa. Maka dari itu Allah selalu membuka pintu taubat bagi kita, tentu taubat yang sebenar-benarnya. Taubatan Nasuha. Seharusnya kita bersyukur pada Allah, aib-aib kita masih ditutupi dengan baik, bagaimana jika semuanya diperlihatkan? Astaghfirullahal’adzim. Sekelam-kelamnya kita punya masa lalu, selama waktu masih terus berjalan, kita masih punya masa depan, Kawan. Ia sangat berhak diperjuangkan.
Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu…” (QS. At-Tahrim: 8)
Cobalah berdamai dengan masa lalu, Kawan. Tak perlu terus terpuruk dalam kelamnya dunia kita kemarin. Di ujung perjalanan itu ada setitik cahaya yang menanti perubahan kita. Kita hanya perlu fokus menatap ke depan, jangan terus menengok ke belakang.
“…Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri…” (QS. Ar-Ra’d: 11)
Maafkanlah diri sendiri, maka aura positif itu akan menebar bersama semangat yang mengalir. Berdamai pada masa lalu, memang tak dapat merubah apa yang telah terjadi, tapi akan berdampak hebat pada masa depan kita.
          Waktu tak pernah menunggu siapapun. Waktu akan terus bergulir. Ia tak akan peduli kita manfaatkan atau sia-siakan. Ayo Melangkah ke depan!

Tidak ada komentar :

Posting Komentar