Minggu, 13 Maret 2016

Ikan Salmon (Oncorhynchus nerka)


Pasti  anda  tahu  ikan  salmon  atau  paling  tidak  pernah  mendengar tentang ikan salmon.  Bagi anda yang belum tahu tentang ikan salmon, kami akan coba ceritakan kepada anda mengenai siklus hidupnya.
Ceritanya,  Ikan  salmon merupakan  ikan  yang  berasal dari daerah Amerika Utara.  Ikan salmon mempunyai siklus hidup yang  panjang  dan  berbahaya.    Ikan  yang  masih  muda  menetas  dan berkembang  biak  dalam  air  sungai  yang  sejuk,  jernih  dan  tawar.  Setelah  tumbuh  lebih besar, kawanan besar  ikan salmon atau disebut juga shoal, bergerak ke arah hilir ke arah lautan.  Ketika salmon sudah terbiasa dengan air asin, kulitnya berubah menjadi seperti sutra yang berkilauan.
Naaah,,,  beberapa  tahun  kemudian,  ikan  salmon  dewasa  kembali  ke  sungai  tempat  mereka  dulu  menetas,  sehingga  ikan  betina  dapat bertelur.  Secara tepat bagaimana ikan salmon dapat menemukan jalan kembali  masih  merupakan  misteri.    Ikan  yang  bermigrasi  ini  harus berenang melawan arus air.   Mereka melompat  tinggi keluar dari air, melewati  arus  air  yang  kuat  dan  mendaki  air  terjun.    Seekor  ikan salmon yang besar mampu melompat sampai 3 meter dalam usahanya untuk  sampai  di  atas  aliran  air  sungai  yang  deras  dan  air  terjun.  Banyak  ikan  salmon  yang  akan mati dalam perjalanannya.    Ikan  yang berhasil  sampai  di  hulu  amat  lemah,  dan  hanya  sedikit  yang  dapat kembali ke lautan setelah bertelur.  Dan begitulah seterusnya.
Pelajaran apa yang bisa kita ambil dari siklus hidup  ikan salmon  ini  ? 
Ikan  salmon  setelah  berkelana  jauh  ke  lautan  dapat  kembali  ke  habitatnya ke hulu sungai walaupun dengan bersusah payah berenang melawan  arus  air  sungai  dan  air  terjun,  walaupun  resikonya  adalah kematian. Hal  ini memberikan  pelajaran  bagi  kita, manusia,  bahwa setelah kita selama bertahun-tahun bergulat dengan  kehidupan dunia yang  fana  ini  untuk  mencari  harta  dan  kesenangan,  maka selayaknyalah kita sadar akan tempat kembali kita, yaitu kepada Dzat Yang Maha Sempurna, Pencipta Alam Semesta.  Walaupun, kita harus berkorban  dan meninggalkan  semua  yang  kita miliki  untuk  kembali kepada-Nya.
Sekarang kita akan lebih banyak lagi mengenal ikan salmon. Ikan salmon adalah sejenis ikan laut dari famili Salmonidae. Ikan lain yang satu famili dengan salmon adalah ikan trout. Perbedaannya adalah pada migrasi hidup salmon dibandingkan dengan ikan trout yang menetap. Salmon hidup di Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik.
Secara umum, salmon adalah spesies anadromous, yaitu spesies yang bermigrasi untuk berkembang biak. Salmon lahir di perairan air tawar, bermigrasi ke lautan, lalu kembali ke air tawar untuk bereproduksi. Terdapat suatu kepercayaan bahwa salmon selalu kembali ke tempat yang sama di mana ia dilahirkan untuk berkembang biak. Penelitian menunjukkan demikian, namun alasan mengapa hal itu terjadi dan bagaimana salmon dapat menyimpan memori tersebut masih misteri.
Salmon adalah nama biasa bagi beberapa spesies ikan dari keluarga Salmonidae. Beberapa ikan lain di dalam keluarga ini dipanggil trout; perbesarannya adalah disebabkan kehidupan migrasi ikan salmon dibandingkan dengan sikap perumahan ikan trout, satu perbezaan yang betul untuk genus Salmo. Salmon hidup di dalam Atlantik (satu spesies migrasi Salmo salar) dan Lautan Pasifik, selain di Tasik-tasik Besar (kira-kira sedozen spesies dari genus Oncorhynchus).
Secara tipikal, salmon adalah anadromous: ia menetas di air tawar, berpindah ke laut, kemudian kembali semula ke air tawar untuk membiak. Walaubagaimanapun, terdapat spesies yang hanya mampu hidup di habitat air tawar. Ia kemungkinan besar disebabkan oleh perternakan spesies-spesied tertentu ikan salmon. Folklore membuktikan bahawa salmon akan kembali ke lokasi sebenar di mana ia ditetaskan, kajian telah membuktikan kebenaran dakwaan ini, akan tetapi sifat bagaimana memori ikan ini berfungsi telah menjadi perdebatan panjang.
Ciri Kehidupan Ikan Salmon (Oncorhynchus  nerka)
Ikan salmon betina yang sudah dibuahi dan siap bertelur bermigrasi dari laut kembali lagi ke hulu sungai di mana dulu ditetaskan. Perjalanan induk ikan salmon tersebut sangat menguras tenaga karena harus melawan arus sungai yang menurun diakibatkan kedudukan sungai lebih tinggi daripada laut. Lompatan-lompatan itu kerap kali gagal untuk mencapai atas tangga sungai dan belum lagi telah menanti beruang atau pemangsa lapar lainnya yang tanpa susah payah memangsanya, serta harus melewati sungai yang semakin dangkal. Hanya sebagian kecil induk salmon yang berhasil mencapai hulu sungai dan bertelur, kemudian mati.
              Perjalanan di mulai dengan bantuan alat navigasi yang berada di otak ikan salmon. Ikan salmon bermigrasi dalam jumlah yang banyak,agar kemungkinan induk ikan salmon banyak yang mencapai hulu sungai kelahiran mereka. Rintangan pertama adalah ikan hiu,mereka memakan ikan salmon saat masih di laut.Tidak sedikit ikan salmon yang di makan oleh ikan hiu. Mereka berenang menuju muara sungai.Ikan salmon dapat mengetahui sungai kelahiran mereka karena setiap sungai memilki aroma yang khas. Ikan salmon menuju muara sungai yang di tuju. Mereka sudah di hadang oleh beruang dan burung yang lapar di muara sungai.Mereka berenang melewati muara sungai saat laut pasang.
Rintangan ketiga adalah tangga sungai dan beruang. Ikan salmon dapat melompat setinggi 3 meter di atas air.Inilah yang membuat ikan salmon dapat melewati tangga sungai.Sebelum melewati itu,ikan salmon beristirahat di sungai yang tenang untuk mengumpulkan energi.Mereka melewati tangga sungai saat malam hari,tetapi beruang grizzly dan burung sudah menghadang mereka.Ikan salmon yang kelelahan biasanya tertangkap oleh pemangsa tersebut.Setelah melewati tangga sungai,jumlah ikan salmon tidak banyak.Ikan salmon berenang terus ke arah hulu sungai.
Ikan betina akan membuat zona tekanan rendah di batuan kerikil dengan ekornya untuk meletakan telurnya.Pejantan akan datang dan membuahi sel telur tersebut.Setelah melakukan reproduksi,ikan salmon akan mati dan bangkainya akan menutupi zona telur tersebut.
Ikan Salmon termasuk dalam r selected karena bereproduksi banyak,kematian tinggi,berukuran kecil,tidak ada pemeliharaan anak setelah menetas,umur pendek,dan bereproduksi satu kali.
Perlu diketahui hanya sebagian kecil induk salmon yang berhasil mencapai hulu sungai dan bertelur, kemudian mati. Salmon lahir ke dunia begitu mereka menetas dari telur-telur yang diletakkan oleh salmon betina di sungai. Mereka tumbuh dan berburu di tempat ini selama beberapa minggu. Setelah itu, mereka mulai berenang ke hilir sungai. Sepanjang perjalanan menuju ke laut ini, salmon-salmon menghadapi bendungan dan air yang kotor. Mereka mencoba menghindari bahaya, seperti ikan-ikan berukuran lebih besar yang sedang berburu. Setelah mampu mengatasi semua ini, dan berhasil mencapai laut, salmon menghabiskan waktu selama beberapa tahun di sana. Kemudian, begitu sudah cukup dewasa untuk bertelur, ikan-ikan salmon akan berenang kembali ke air tawar. Yang dituju ikan salmon adalah tempat mereka dilahirkan. Tapi jangan salah, jaraknya cukup jauh. Jarak yang harus ditempuh salmon untuk mencapai tujuannya kerap sejauh 1.500 kilometer (930 mil), yang berarti menuntut perjalanan selama berbulan-bulan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar