Sabtu, 07 Mei 2016

Contoh RPP Biologi SMA Kelas X (Kurikulum 2013)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
UNIT 7
PLANTAE

Satuan Pendidikan   : Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah      
Mata Pelajaran       :  Biologi
Kelas/Semester        : X/2
Alokasi Waktu         :  3 x 45 menit (1 pertemuan  x 3 jam pelajaran)

KOMPETENSI INTI:
KI-1       :    Menghargai dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2       :    Mengembangkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, cinta damai), santun,  responsif, dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI-3       : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI-4       : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

KOMPETENSI INTI:
Materi Pokok
Kompetensi Dasar
Indikator
Plantae
1.2   Peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai manifestasi pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
1.  Menyadari dan peka terhadap permasalahan lingkungan di sekitar.
2.  Meyakini bahwa manusia sebagai bagian dari alam memiliki perannya sendiri untuk menjaga dan menyayangi lingkungan agar dapat dimanfaatkan oleh mahluk hidup lainnya seperti hewan dan tumbuhan.
3.  Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan melalui mempelajari kingdom plantae.
2.1   Berperilaku  ilmiah: berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam setiap tindakan di dalam kelas.
1.    Melaksanakan diskusi secara bertanggung jawab dan mengutamakan kebenaran ilmu pengetahuan.
2.    Melakukan pengajuan pertanyaan dan berargumentasi secara ilmiah.
3.7 Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan tumbuhan ke dalam divisio berdasarkan pengamatan morfologi pada gambar.
1.    Mengidentifikasikan ciri-ciri kingdom Plantae.
2.    Mengidentifikasi klasifikasi kingdom plantae.
3.    Mengidentifikasikan ciri-ciri 3 divisio dalam dunia tumbuhan.

4.7 Menyajikan data tentang morfologi dan klasifikasi kingdom plantae.
1.       Melakukan diskusi mengenai ciri-ciri kingdom plantae dengan mengumpulkan laporan hasil diskusi.
2.       Melakukan analisis morfologi 3 divisi dari kingdom plantae melalui pengamatan terhadap gambar.
A.     Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan tanya jawab dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.         menyebutkan ciri-ciri umum kingdom Plantae;
2.         menyebutkan ciri-ciri struktur tubuh 3 dasar pengelompokan kingdom Plantae;
3.         menyebutkan perbedaan 3 divisio kingdom plantae;

B.     Materi Pembelajaran
1.   Ciri-Ciri Umum Kingdom Plantae
2.   Klasifikasi Kingdom Plantae
a.    Divisi Bryophyta
b.    Divisi Pteridopyta
c.    Divisi Spermatophyta
3.      Perbedaan Ciri-Ciri Tiga Divisi dari Klasifikasi Kingdom Plantae

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan umum    : scientifi
Strategi pembelajaran: examples non examples, talking chair, group investigation dan picture and picture.
Metode                                 : ceramah, diskusi interaktif dan presentasi

D.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.   Media     : Powerpoint Unit 7 Plantae,  gambar contoh tumbuhan kingdom plantae dan macam-macam bagian utama tumbuhan.
2.   Alat        : In focus dan Laptop
3.   Sumber  : Buku Advanced Learning Biology XB, LKS Biology kelas X semester 2, literatur ilmiah atau internet.

E.     Kegiatan Pembelajaran
1.   Pendahuluan
a.       Orientasi: Guru memasuki kelas kemudian mengucapkan salam , lalu mempersilahkan ketua kelas untuk memimpin doa, dan mengabsen siswa.
b.      Apersepsi: Menggunakan strategi pembelajaran examples non examples, siswa diminta menyebutkan bagian utama pada tumbuhan yang diperlihatkan pada slide presentation.
c.       Motivasi: Pemusatan perhatian dan memotivasi siswa dengan memperlihatkan contoh gambar tumbuhan yang memiliki organ utama yang lengkap kepada siswa dan mengajukan pertanyaan mengenai gambar. Kemudian guru dapat menumbuhkan persepsi positif  bahwa dengan mempelajari kingdom plantae dapat memahami kompleksitas ciptaan Tuhan.
2.   Inti
a.         Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
 Mengamati
1)   Mengamati slide presentation dan gambar contoh kingdom plantae.
2)   Menyimak penjelasan guru mengenai ciri-ciri umum kingdom Plantae dan klasifikasi kingdom Plantae.
                        Menanya
Peserta didik dimotivasi dengan bertanya kepada siswa tentang tumbuhan yang ditampilkan pada slide presentation. Guru menyampaikan bahwa tanaman ini termasuk kelompok tumbuhan lumut, paku-pakuan atau berbiji. Guru meminta peserta didik untuk mengajukan pertanyaan dari gambar tersebut.Contoh pertanyaan yang dapat muncul seperti berikut:
1)      Apa saja ciri umum kingdom plantae?
2)      Ada berapa divisi dari kingdom plantae?
3)      Bagaiman perbedaan dari setiap divisi pada kingdom plantae?
Mengumpulkan Data                                      
1)      Melakukan diskusi mengenai ciri-ciri umum kingdom plantae.
2)      Mencari informasi mengenai klasifikasi divisi pada kingdom plantae.
3)      Mencari informasi mengenai perbedaan ciri-ciri tubuh dari 3 divisio dari kingdom plantae.
Mengkomunikasi                                             
1)      Menyampaikan inti tujuan pembelajaran tentang ciri-ciri kingdom Plantae.
2)      Menggunakan strategi pembelajaran talking chair siswa diminta untuk duduk melingkar, kemudian berdiri di depan kursi masing-masing, lalu sebuah spidol dikelilingkan sambil menyanyikan sebuah lagu yang berjudul aramsasa, setelah itu siswa yang memegang tongkat terakhir menjawab pertanyaan yang diberikan guru.
3)      Selanjutnya menggunakan strategi pembelajaran group investigation siswa dibagi menjadi empat kelompok untuk melakukan diskusi mengenai ciri-ciri umum tiga divisi dari kingdom plantae .
4)      Setelah kesimpulan diskusi diperoleh, guru mempersilahkan perwakilan siswa pada tiap kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok.
5)      Kemudian guru meminta laporan tertulis hasil diskusi pada tiap kelompok.

Mengasosiasi

1)      Menguraikan ciri-ciri umum kingdom plantae.
2)      Mengaitkan hasil pengamatan gambar struktur tubuh tiga divisi dari kingdom plantae dengan ciri-ciri tiga divisi dari kingdom plantae  yang telah dibaca dari berbagai sumber.
3)      Membedakan ciri-ciri struktur tiga divisi dari kingdom plantae.
b.      Memberikan kesempatan siswa untuk bertanya mengenai materi yang bersangkutan.
3.        Penutup
a.         Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini dengan menggunakan strategi pembelajaran example non examples.
b.         Memacu siswa dengan memberi motivasi agar selalu memiliki rasa ingin tahu akan ilmu pengetahuan.
c.         Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.
d.         Guru mengakhiri pembelajaran dengan membaca doa bersama.




PENILAIAN
1.      Teknik dan bentuk instrumen
Kompetensi Inti
Teknik
Bentuk Instrumen
Kompetensi Inti I dan II
·   Pengamatan Sikap
·   Lembar Pengamatan Rubrik Sikap
Kompetensi III dan IV
·   Kinerja Diskusi Presentasi
·   Lembar Kerja Aktivitas Diskusi Presentasi
·   Lembar Penilaian Aktivias Diskusi Presentasi
·   Tes Tertulis
·   Tes Uraian
2.      Contoh Contoh instrumen
a.       Lembar pengamatan rubrik sikap
1)      Kompetensi Inti I
Pedoman Observasi Sikap Spiritual
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual siswa. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Siswa                          : ………………….
Kelas                                    : ………………….
Tanggal Pengamatan             : …………………..
Materi Pokok                                    : …………………..
No.
Aspek Pengamatan
Skor
Ket.
1
2
3
4
1
Menambah rasa keimanan akan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari tingkatan organisme kehidupan





2
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu





3
Mengucapkan rasa syukur atas nikmat kesehatan dan pengetahuan yang didapat dari pelajaran hari ini





4
Mengamalkan sika ptoleransi antar umat beragama





Jumlah skor





Petunjuk Penyekoran :
Siswa memperoleh nilai :
Baik Sekali : apabila memperoleh skor  13 - 16
Baik                        : apabila memperoleh skor 9 - 12
Cukup         : apabila memperoleh skor  5 - 8
Kurang        : apabila memperoleh skor  1 – 4

2)      Kompetensi Inti II
a)      Peduli
Pedoman Observasi Sikap Peduli
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru/teman untuk menilai sikap sosial siswa dalam kepedulian. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap kepedulian  yang ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan  kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Siswa                 : ………………….
Kelas                           : ………………….
Tanggal Pengamatan    : …………………..
Materi Pokok               : …………………..
No
Aspek Pengamatan
Skor
Keterangan
1
2
3
4
1
Menjaga kerapihan dan kebersihan kelas





2
Suka menolong teman/orang lain





3
Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan





4
Menghargai pendapat orang  lain





Jumlah Skor





Petunjuk Penyekoran :
Siswa memperoleh nilai :
Baik Sekali         : apabila memperoleh skor  13 - 16
Baik                    : apabila memperoleh skor  9 - 12
Cukup                : apabila memperoleh skor  5 - 8
Kurang               : apabila memperoleh skor  1 - 4

b)      Tanggung Jawab
Pedoman Observasi Sikap Tanggung Jawab
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial siswa dalam tanggung jawab. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dankadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Siswa                    : ………………….
Kelas                              : ………………….
Tanggal Pengamatan       : …………………..
Materi Pokok                  : …………………..
No
Aspek Pengamatan
Skor
Keterangan
1
2
3
4
1
Melaksanakan tugas individu atau kelompok dengan baik





2
Menerima resikodari tindakan yang dilakukan





3
Tidak menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat





4
Mengembalikan barang yang dipinjam





5
Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan





Jumlah Skor





Petunjuk Penyekoran :
Siswa memperoleh nilai :
Baik Sekali         : apabila memperoleh skor  16 - 20
Baik                    : apabila memperoleh skor  11 - 15
Cukup                : apabila memperoleh skor  6 - 10
Kurang               : apabila memperoleh skor  1 – 5

c)      Disiplin
Pedoman Observasi Sikap Disiplin
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial siswa dalam kedisiplinan. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap disiplin yang ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria sebagai berikut :
Ya        = apabila siswa menunjukkan perbuatan sesuaiaspek pengamatan
Tidak   = apabila siswa tidak menunjukkan perbuatansesuai aspek pengamatan.
Nama Siswa                    : ………………….
Kelas                              : ………………….
Tanggal Pengamatan       : …………………..
Materi Pokok                  : …………………..
No
Sikap yang diamati
Melakukan
Ket.
Ya
Tidak
1
Masuk kelas tepat waktu



2
Mengumpulkan tugas tepat waktu



3
Memakai seragam sesuai tata tertib



4
Mengerjakan tugas yang diberikan



5
Tertib dalam mengikuti pembelajaran



6
Mengikuti praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan



7
Membawa buku tulis sesuai mata pelajaran



8
Membawa buku teks mata pelajaran



Jumlah



Petunjuk Penyekoran :
Siswa memperoleh nilai :
Baik Sekali         : apabila terdapat  7 – 8 jawaban YA
Baik                    : apabila terdapat  5 – 6 jawaban YA
Cukup                : apabila terdapat  3 – 4 jawaban YA
Kurang               : apabila terdapat  1 – 2 jawaban YA
b.      Lembar kinerja diskusi dan presentasi
Kompetensi Inti III
Lembar Kerja Aktivitas Diskusi dan Presentasi
Gambar Spesies dari Kingdom Plantae
Sebutkan dan diskusikan bagaimana ciri-ciri dari spesies pada gambar tersebut?
Lembar Penilaian Aktivias Diskusi dan Presentasi
No
Aspek yang dinilai
Ya
Tidak
Ket.
1
Keterampilan mempresentasikan hasil pengamatan dan penjelasan uraian dengan cara yang menarik



2
Mampu mengajukan permasalahan (Pertanyaan, ide, gagasan, dan argumentasi)



3
Mampu menyajikan penyelesaian dari Suatu permasalahan



Petunjuk Penyekoran :
Siswa memperoleh nilai :
Baik                        : apabila terdapat  5 – 6 jawaban YA
Cukup         : apabila terdapat  3 – 4 jawaban YA
Kurang        : apabila terdapat  1 – 2 jawaban YA
c.    Tes Tertulis
Kompetensi Inti IV
Tes Uraian
1)      Bagaimana ciri-ciri bryophyta? (skor 25)
2)      Bagaimana ciri-ciri pteridophyta? (skor 25)
3)      Bagaimana ciri-ciri spermatophyta? (skor 25)
4)      Bagaimana perbedaan antara ketiga divisi dari kingdom plantae? (skor 25)


Mengetahui
Kepala Sekolah



 
NIP
….….., ……………… 2016
Guru Mata Pelajaran



 
NIP















LANGKAH-LANGKAH STRATEGI PEMBELAJARAN
1.        Examples Non Examples
Langkah-langkah dari strategi pembelajaran ini, yaitu sebagai berikut:
a.       Guru mempersiapkan gambar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.
b.      Guru menayangkan gambar melalui infocus.
c.       Guru memberi petunjuk dan member kesempatan pada siswa untuk memperhatikan atau menganalisa gambar.
2.        Talking Chair
Langkah-langkah dari strategi pembelajaran ini, yaitu sebagai berikut:
a.         Guru menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari, kemudian siswa diminta untuk duduk melingkar, kemudian berdiri di depan kursi masing-masing, lalu sebuah berkeliling sambil menyanyikan sebuah lagu.
b.         Kemudian siswa berebut untuk duduk pada kursi yang tersedia. Siswa yang tidak mendapatkan tempat duduk diberikan pertanyaan oleh guru.
c.         Guru memberikan kesimpulan.
3.        Group Investigation
Langkah-langkah dari strategi pembelajaran ini, yaitu sebagai berikut:
a.         Guru membagi kelas menjadi empat kelompok.
b.         Guru menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas kelompok.
c.         Guru memberikan tugas yang berbeda pada setiap kelompok. Kelompok satu berdiskusi mengenai ciri-ciri divisi bryophyta, kelompok dua mengenai divisi pteridophyta, kelompok tiga berdiskusi mengenai ciri-ciri spermatophyta dan kelompok empat bediskusi mengenai perbedaan ciri-ciri dari ketiga divisi pada kingdom plantae.
d.         Setiap kelompok  membahas materi yang sudah diberikan bersama kelompoknya masing-masing.
e.         Setelah diskusi selesai, juru bicara kelompok menyampaikan hasil pembahasan kelompok sambil berdiri di depan seluruh kelompok.
f.          Guru menjelaskan secara singkat sekaligus member kesimpulan.














MATERI PELAJARAN

4.             Ciri-Ciri Umum Kingdom Plantae
http://4.bp.blogspot.com/-p2o1lYjoLyE/UwcdwPQJ80I/AAAAAAAAFlQ/8Yi4O4GWP9g/s1600/PLANTAE.png

Kingdom plantae disebut juga kelompok tumbuhan. Tumbuhan merupakan organism  fotoautitrof yang struktur tubuhnya paling kompleks, mudah diamati, dan mudah ditemukan. Di dalam ekosistem darat, tumbuhan berperan sebagai produsen utama dan pemasok oksigen terbesar melalui fotosintesis. Tumbuhan yang masih rendah tingkatannya berupa talus, yaitu tumbuhan yang masih belum memiliki akar, batang, dan daun yang sebenarnya.
Plantae memiliki organ pokok  berupa akar, batang, dan daun sehingga disebut tumbuhan kormophyta. Plantae terdiri dari tumbuhan lumut,  tumbuhan paku dan tumbuhan berbiji. Ciri-ciri umum plantae, yaitu sebagai berikut:
1.        Merupakan organisme multiseluler.
2.        Eukariot.
3.        Autotroph (fotosintetik).
4.        Dinding sel tumbuhan disusun atas senyawa selulosa.
5.        Menyimpan kelebihan karbohidratnya dalam bentuk amilum
Berdasarkan cara berkembangbiaknya kormophyta dibedakan menjadi sebagai berikut:
1.        Kormophyta berspora, berkembangbiak dengan spora, terdiri dari bryophyte dan pteridophyta.
2.        Kormpohyta berbiji, berkembang biak dengan biji berupa tumbuhan berbiji.
Berdasarkan alat pengangkutnya, kingdom plantae dibedakan menjadi sebagai berikut:
1.      Atrakeophyta, tumbuhan yang belum  mempunyai sistem pengangkut, seperti tumbuhan lumut.
2.      Trakeophyta, tumbuhan yang sudah  mempunyai sistem pengangkutan, yaitu tumbuhan paku dan tumbuhan berbiji.
5.             Klasifikasi Kingdom Plantae
1.     


Lumut.jpg

Bryophyta
(Contoh Spesies Bryophyta)
Lumut atau bryophyte, memiliki anggota kuang lebih 25.000 spesies. Pada umumnya lumut tumbuh di tempat-tempat yang lembab, seperti di tanah, di batang pohon, ataupun bebatuan. Namun ada juga beberapa jenis lumut yang tumbuh di air dan tanah gersang.
Secara umum lumut (Bryophyta) memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
a.         Multiseluler, tubuh terdiri dari banyak sel.
b.         Memiliki alat untuk melekat pada substrat berupa rhizoid yang berfungsi untuk menyerap air.
c.         Memiliki kloroplas pada bagian yang mirip daun.
d.         Bagian  yang mirip batang tersusun atas beberapa lapis sel dan belum memiliki jaringan pengangkut.
e.         Alat perkembang biakan generatifnya berupa anteredium dan arkegonium.
f.          Mengalami pergiliran keturunan (metagenesis).
2.        Pteridophyta

paku-sejati.jpg
(Contoh Spesies Pteridophyta)

Paku termasuk tumbuhan kormophyta sejati karena telah memiliki organ akar, batang, daun yang sesungguhnya. Paku juga disebut Tracheophyta karena sudah memiliki pembuluh. Pteridophyta juga termasuk tumbuhan tingkat rendah karena belum mampu menghasilkan biji. Secara umum, ciri-ciri dari pteridophyta adalah sebagai berikut:
a.         Multiseluler, tubuh terdiri dari banyak sel.
b.         Akar tumbuhan paku berbentuk serabut yang dilindungi oleh kaliptra atau tudung akar.
c.         Pada silinder pusat terdapat jaringan pembuluh  kayu (xilem) dan jaringan pembuluh (floem).
d.         Batang ada yang berbentuk rhizome atau rimpang atau ada yang tinggi besar.
e.         Dilengkapi jaringan penguat yaitu sklerenkim.
f.          Alat perkembang biakan generatifnya berupa anteredium dan arkegonium.
g.         Mengalami pergiliran keturunan (metagenesis).
h.         Dalam siklus hidupnya atau metagenesis tumbuhan lumut, akan didapati fase gametofit, yaitu tumbuhan lumut sendiri yang lebih dominan dari fase sporofit, yaitu sporogonium.
3.      Spermatophyta

Angiospermae.jpg
(Contoh Tumbuhan Spermatophyta)

Tumbuhan berbiji berkembang biak dengan biji. Spermatophyta mendomonasi hampir setengaih dari seluruh jumlah tumbuhan yang terdapat di bumi. Secara umum ciri-ciri dari spermatophyte adalah sebagai berikut:
a.         Dalam perkembangbiakkan secara kawin menghasilkan biji.
b.         Alat perkembangbiakannya telah tampak jelas, yaitu berupa bunga atau strobilus.
c.         Organ tubuh seperti akar, batang dan daun telah lengkap.
d.         Generasi sporofitnya merupakan tumbuhan utama, sedangkan gametofitnya telah mengalami reduksi.
e.         Kandung lembaganya terlindungi dalam ovula.
f.          Jaringan pembuluh berupa xylem dan floem berfungsi untuk mengangkut sir, mineral , makanan, hasil fotosintesis dan bahan lainnya.

6.             Perbedaan Ciri-Ciri Tiga Divisi dari Klasifikasi Kingdom Plantae
TUMBUHAN
LUMUT
PAKU
BERBIJI
Nama Divisi
Bryophyta
Pteridophyta
Spermatophyta
·         Gymnospermae (berbiji terbuka)
·         Angiospermae (berbiji tertutup)
Contoh Gambar
Lumut uu.jpg
picture3.jpg
pohonmangga.jpg
Daunnya
Lumut hati dan lumut tanduk tidak mempunyai struktur daun. Lumut daun mempunyai daun sederhana, berbentuk pipih bilateral dengan satu pembuluh angkut di dalam ibu tulang daun, dan mengandung kloroplas.
a) Mikrofil: berukuran kecil, berbentuk seperti rambut atau sisik, tidak bertangkai, tidak bertulang daun, dan sel-selnya belum mengalami diferensiasi.
b) Makrofil: berukuran besar, bertangkai daun, bertulang daun, serta sel-selnya mengalami diferensiasi membentuk jaringan tiang, jaringan bunga karang, tulang daun, dan stomata.



Sel-sel daun mengalami diferensiasi menjadi epidermis dan mesofil. Mesofil tersusun dari jaringan tiang dan jaringan bunga karang.

Batangnya
Batangnya tidak memiliki pembuluh angkut (xilem dan floem)
rhizome . Pada batang terdapat pembuluh angkut xilem dan floem.
berbiji dapat tegak, condong, berbaring, atau merayap. Sel-selnya mengalami diferensiasi menjadi epidermis, korteks, dan silinder pusat (terdapat xilem dan floem).
Akarnya
Rizoid berfungsi untuk melekat pada tempat tumbuh (substrat) serta menyerap air dan unsur hara.
Akar serabut. Akar ini merupakan akar sejati karena sel-selnya sudah terdiferensiasi menjadi epidermis, korteks, dan silinder pusat yang di dalamnya terdapat pembuluh angkut xilem dan floem.
berbentuk serabut dan ada yang berupa akar tunggang. Sel-sel akar mengalami diferensiasi menjadi epidermis, korteks, serta silinder pusat yang di dalamnya
terdapat xilem dan floem
Alat Reproduksi
terjadi metagenesis yaitu pergiliran keturunan secara teratur antara generasi sporofit (2n) dan generasi gametofit (n). Generasi sporofit menghasilkan spora, sedangkan generasi gametofit menghasilkan gamet jantan dan gamet betina untuk melakukan reproduksi.
yaitu secara aseksual (vegetatif) yaitu dengan cara menghasilkan gemma (tunas) yang mengandung spora, dan secara seksual (generatif) yaitu dengan cara memproduksi sel kelamin jantan dan sel kelamin betina oleh alat kelamin (gametangium).



Tidak ada komentar :

Posting Komentar